Sangat Berbahaya!! Jangan Mandi Kalau Kamu Dalam 6 Keadaan Ini

Seorang Nenek bernama Liu berusia 53 tahun meninggal dunia pada tanggal 1 Agustus ketika ia sedang mandi. Hari itu sangat panas dengan suhu mencapai 38°, dan karena panas yang tidak tertahankan, nenek Liu menceburkan kepalanya ke dalam satu bak mandi yang terisi air dingin.
Malam itu, jantung nenek ini sudah tidak nyaman rasanya, keluarganya mengira dia dehidrasi karena terlalu lama di luar, oleh karena itu mereka membaringkan dia di kasur untuk beristirahat tetapi kondisi dia semakin parah dan sakit di dadanya semakin menjadi – jadi.




Keadaan semakin menegangkan! Mereka segera membawanya ke rumah sakit terdekat dan menemukan pembuluh darah ke hati dia tersumbat! Tidak hanya itu, arteni koronernya juga tersumbat. Setelah melakukan beberapa usaha penyelamatan, nenek Liu pun meninggal dunia.

Air Dingin Merangsang Penyumbatan Pembuluh Darah, Tidak Terkecuali Suhu Udara Yang Panas
Dokter mengatakan, kondisi ini biasanya terjadi saat musim dingin, tapi tidak tertutup kemungkinan juga dapat terjadi saat suhu udara yang panas.
Dingin mendadak tidak hanya membuat pembuluh darah menyusut, tetapi juga membuat tekanan darah meningkat, bahkan membuat arteri kita tegang dan pecah jika terlalu parah. Kondisi – kondisi tersebut yang membuat pembuluh darah kita tersumbat dan membahayakan jiwa.




6 Keadaan Yang Tidak Cocok Untuk Mandi

1. Tekanan Darah Terlalu Rendah
Karena air mandi yang hangat hingga panas akan membuat pembuluh darah kita mengembang, jika seseorang tekanan darahnya terlalu rendah, itu akan menyebabkan kekurangan darah dan akan membuatnya pingsan.
2. Wanita Dengan Gangguan Kesehatan Sebaiknya Jangan Mandi Dengan Air Dingin
Wanita yang memiliki gangguan kesehatan, sebaiknya jangan menggunakan air dingin untuk mandi, kalau tidak kekebalan tubuhnya akan diserang suhu yang dingin dan membuatnya flu.

3. Mandi Setelah Mabuk
Alkohol menghambat aktivitas hati dan menghambat pelepasan glukosa, sementara itu, jika kita mandi dengan keadaan seperti ini, pencernaan glukosa akan meningkat banyak. Karena itu, tubuh kita akan memproduksi gula darah yang terlalu banyak dan membuat kita rentan pusing dan membuat kita lemas.

4. Langsung Mandi Setelah Beraktifitas
Langsung mandi setelah beraktifitas, apakah itu menggunakan otot atau otak, haruslah kita beristirahat terlebih dahulu, atau tidak akan mengakibatkan darah tidak cukup di hati dan bagian dada kita, hal ini bisa membuat kita pingsan.

5. Jangan Mandi Saat Demam
Kalau suhu tubuh kita mencapai 38℃, dianjurkan untuk tidak mandi! Saat ini, tubuh kita mengkonsumsi panas tubuh kita sebesar 20%, akan mudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika kita mandi dengan kondisi kesehatan seperti ini.


6. Langusng Mandi Setelah Makan
Setelah selesai makan, darah dalam tubuh kita akan berkumpul dalam sistem pencernaan, dan fokus bekerja dalam mencerna makanan dalam tubuh kita. Jika kita mandi saat itu, pembuluh darah di dalam tubuh kita akan mengembang dan darah akan mengulang kembali fungsinya, hal ini yang membuat sirkulasi darah dalam sistem pencernaan kita terganggu.

Setiap orang pasti ingin mandi setiap harinya, tapi kita juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mandi supaya kita bisa dihindarkan dari yang namanya bahaya.

Share this