Dubes Malaysia: Layaknya Adik-Kakak, Ketegangan Antara Malaysia-RI Hal Biasa


INDOSEJATICOM - Duta Besar Malaysia untuk Malaysia untuk Indonesia Dato’ Seri Zahrain Mohamed Hashim mengatakan, Malaysia dan Indonesia adalah saudara dekat. Zahrain mengatakan, selayaknya hubungan saudara dekat, pasti sekali-sekali terjadi perselisihan diantara kedua pihak.

"Kita sadar, Malaysia dan Indonesia ini dari segi sejarah mungkin satu negara dahulu, tapi sejarah telah memisahkan kita. Sayangnya hal itu terjadi. Tapi, bagaimanpun kita saat ini sudah menjadi dua negara yang berdaulat. Tapi, kita tidak harus lupa kedua negara ini, nusantara ini kita bangun bersama," kata Zahrain pada Senin.

Dia lalu mengatakan, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak telah menyampaikan satu pesan kepadanya sebelum dia mulai bertugas di Indonesia beberapa tahun lalu. Pesan itu adalah Indonesia adalah negara yang penting bagi Malaysia.

"Dia (Najib) mengingatkan saya betapa pentingnya Indonesia untuk Malaysia, dan kita harus anggap Indonesia sebagai negara spesial untuk bekerjasama, untuk membangun kerjasama yang erat. Kita saling membutuhkan," ucapnya.

Sementara itu, mengenai kerap terjadinya ketegangan antara Malaysia dan Indonesia, Zahrain mengatakan ibarat hubungan adik dan kakak hal ini bukanlah sesuatu yang aneh. Tapi, ketegangan ini seharusnya tidak membuat hubungan Malaysia dan Indonesia goyah, karena menurut Zahrain hubungan baik kedua negara akan menghasilkan banyak sekali hal positif bagi kedua negara.

Hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia sendiri tahun ini telah mencapai angka 60 tahun. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai salah satu negara dengan hubungan bilteral paling panjang dengan Indonesia.


Sumber: Sindonews

Share this