Hakekat Matematika


Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berfikir, karena matematika sangat diperlukan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi kemajuan IPTEK sehingga matematika perlu dibekalkan kepada setiap peserta didik sejak SD, bahkan sejak TK. Matematika yang ada pada hakekatnya merupakan suatu ilmu yang cara bernalarnya deduktif formal dan abstrak.
“ Matematika tidak hanya berhubungan dengan bilangan-bilangan serta operasi-oprasinya, melainkan juga unsur ruang sebagai sasarannya, namun penunjukan kualitas seperti itu belum memenuhi sasaran matematika yang lain, yaitu yang ditunjukan kepada hubungan, pola, bentuk dan sruktur.” (Herman Hudojo, 2005:35). “ Matematika merupakan cara atau metode berfikir dan bernalar, dapat digunakan untuk membuat keputusan apakah suatu ide itu benar atau salah atau paling tidak ada kemungkinan benar dan  suatu medan explorasi serta penemuan, di situ setiap ide-ide baru ditemukan.” (Sukarjono, 2007:13)
Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia berhubungan dengan ide dan penalaran. Ide-ide yang dihasilkan oleh pikiran-pikiran manusia itu merupakan sistem-sistem yang bersifat untuk menggambarkan konsep-konsep abstrak, masing-masing sistem bersifat deduktif sehingga berlaku umum dalam menyelesaikan masalah.” (Eko Purwanto, 2010: 1)
Berdasarkan pendapat para ahli di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa matematika adalah belajar yang dimulai dari kajian bagian-bagian yang sangat dikenal menuju arah yang tidak dikenal yang hubungan-hubungannya diatur logis dan pola pikir deduktif.

Share this