Model pembelajaran


Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat. Perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. (Trianto, 2007:5).
       Joyce & Weil (dalam Rusman, 2011:133) model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat di gunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan pembelajaran , dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain. Model pembelajaran dapat di jadikan pola pilihan, artinya para guru boleh memilih model pemebelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan.
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.(Akhmad Sudrajat, 2008: 2)
Model pembelajaran merupakan landasan praktik pembelajaran hasil menurunkan teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan analisis terhadap implimenasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat operasional di kelas. Model pembelajaran juga sebagai pola yang digunakan untuk menyusun kurikulum, mengatur materi, dan memberi petunjuk kepada guru kelas.
Sehingga model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam merancang dan melaksanakan akifitas belajar mengajar.

Share this