Model pembelajaran
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan
sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran
dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat. Perangkat pembelajaran termasuk
di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain. (Trianto, 2007:5).
Joyce &
Weil (dalam Rusman, 2011:133) model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola
yang dapat di gunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka
panjang), merancang bahan pembelajaran , dan membimbing pembelajaran di kelas
atau yang lain. Model pembelajaran dapat di jadikan pola pilihan, artinya para
guru boleh memilih model pemebelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai
tujuan pendidikan.
Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang
tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan
kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan
suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.(Akhmad Sudrajat, 2008:
2)
Model pembelajaran merupakan landasan praktik pembelajaran hasil menurunkan
teori psikologi pendidikan dan teori belajar yang dirancang berdasarkan
analisis terhadap implimenasi kurikulum dan implikasinya pada tingkat
operasional di kelas. Model pembelajaran juga sebagai pola yang digunakan untuk
menyusun kurikulum, mengatur materi, dan memberi petunjuk kepada guru kelas.
Sehingga model
pembelajaran dapat didefinisikan sebagai kerangka konseptual atau suatu pola
yang digunakan sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan para guru dalam
merancang dan melaksanakan akifitas belajar mengajar.