cooperative learning


Wina Sanjaya (2006:106) berpendapat cooperative learning adalah model pembelajaran yang menekankan kepada proses kerja sama dalam suatu kelompok yang terdiri dari 3 sampai 5 orang siswa untuk mempelajari suatu akademik yang spesifik sampai tuntas.
Adapun tahapan model pembelajaran kooperatif adalah sebagai berikut.
a)      Tahapan   dalam Pembelajaran Melalui Kooperatif
1)      tahapan I(menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa).
2)      tahapan I (menyajikan informasi).
3)      tahapan IV (membimbing kelompok untuk bekerja dan belajar).
4)      tahapan V (evaluasi).
5)      tahapan VI  (memberikan penghargaan).
b)      Kelebihan model pembelajaran kooperatif 
Menurut Nurhadi (2004:116) pembelajaran dengan kooperatif pada intinya dapat meningkatkan kepekaan terhadap orang lain. Beberapa kelebihan pembelajaran kooperatif sebagai berikut.
1)      Memungkinkan para siswa saling belajar mengenai sikap, keterampilan, informasi, perilaku sosial dan pandangan-pandangan.
2)      Memudahkan siswa melakukan penyesuaian sosial.
3)      Memungkinkan terbentuk dan berkembangnya nilai-nilai sosial dan komitmen.
4)      Menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri.
5)      Meningkatkan rasa saling percaya kepada sesama.
6)      Membantu para siswa untuk meningkatkan sikap positif dalam pembelajaran matematika.
c)      Kekurangan model pembelajaran kooperatif sebagai berikut.
1)      Guru kawawatir bahwa akan terjadi kekacauan dikelas.
2)       Penilaian yang diberikan dalam pembelajaran kooperatif berdasarkan hasil kerja kelompok tetapi sebenarnya hasil prestasi yang diharapkan adalah prestasi setiap individu.
3)      Perasan was-was pada anggota kelompok akan hilang karakteristik atau keunikan pribadi mereka karena harus menyesuaikan diri dengan kelompok.
4)      Keberhasilan pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kesadaran berkelompok memerlukan waktu yang cukup lama.
5)      Banyak siswa takut bahwa pekerjan tidak akan terbagi rata atau secara adil, bahwa satu orang harus mengerjakan seluruh pekerjaan tersebut.
(Muhammad Faiq Dzaki:2009)

Share this